Monday, February 1, 2010

Re-Thinking: Akuntabilitas Sosial di Indonesia

Java Convenor’s Group (JCG)
Affiliated Network for Social Accountability in East Asia and the Pacipic (ANSA-EAS)

Bandung, 28-29 Januari 2010


Apa yang terpikir di benak kita jika mendengar istilah Akuntabilitas Sosial? Bagi masyarakat awam mungkin istilah ini agak asing, tetapi bagi para aktivis sosial tentu istilah ini sangat bermakna terutama ketika dihadapkan pada sebuah proses keberlangsungan sebuah gerakan sosial.

Kami membedah istilah ini selama dua hari lamanya. Melalui sebuah workshop dan expert meeting di Hotel Mitra Bandung pada 28-29 Januari 2010. Acara yang bertemakan “Re-Thinking: Akuntabilitas Sosial di Indonesia” ini diikuti oleh Java Convenor’s Group (JCG) ANSA-East Asia Pacipic yaitu Yayasan SET Jakarta, B-Trust Bandung, PATTIRO Jakarta, Banten Institute, ICW, Lakpesdam Jatim dan BIGS Bandung. Selain itu hadir juga dari kalangan LSM, mahasiswa dan pemerintah. Hadir sebagai pembicara pada acara ini yaitu Angelita Gregorie Medel, Ph.D (Direktur ANSA-EAP), Teten Masduki (Koordinator Transparency International) dan Hetifah Syaifudian, Ph.D (Anggota komisi X DPR RI). Sementara satu pembicara lainnya yaitu Ahmad Alamsyah Saragih (Ketua Komisi Informasi Pusat) tidak bisa hadir karena sakit.


Kamis, 28 Januari 2010

Pada hari pertama, acara diisi dengan pemaparan tentang pengertian akuntabilitas sosial oleh Angelita Gregorie Medel, Ph.D. Menurut beliau, akuntabilitas sosial merupakan proses keterlibatan yang konstruktif antara warga negara dengan pemerintah dalam memeriksa pelaku dan kinerja pejabat publik, politisi dan penyelenggara pemerintah. Lantas, mengapa warga negara dituntut untuk terlibat aktif dalam proses tersebut? DR. Anggie, begitu sapaan beliau, menuturkan bahwa warga negara harus terlibat aktif dalam proses tersebut karena para stakeholders menggunakan sumber daya publik untuk pelayanan masyarakat, memberikan kesejahteraan masyarakat dan melindungi hak-hak rakyat.

Ada 4 (empat) pilar agar proses akuntabilitas sosial bisa berjalan, yaitu adanya kelompok-kelompok masyarakat yang terorganisir dan berkemampuan; pemerintah yang responsif; kesesuaian budaya dan konteks serta akses terhadap informasi. Indonesia menurut beliau, mempunyai peluang yang besar untuk membangun akuntabilitas sosial di tengah masyarakatnya sekarang. Adanya Komisi Informasi sebagai implementasi dari disahkannya UU No. 14/2008 tentang keterbukaan informasi publik menjadikan akses informasi semakin terbuka, sehingga tidak lagi seperti zaman orde baru dulu.

Karena agenda hari pertama ini khusus untuk anggota Java Convenor’s Group (JCG) maka acara selanjutnya yaitu presentasi dari masing-masing NGO terkait dengan profil umum lembaganya.

Agenda Bersama Java Convenor’s Group (JCG)

Setelah sesi presentasi dari masing-masing NGO selesai, maka acara berikutnya yaitu pembahasan tentang agenda prioritas bersama dari Java Convenor’s Group (JCG). Mas Ilham Cendekia, selaku Direktur PATTIRO Jakarta, bertindak sebagai fasilitator dalam sesi ini.

Sesuai dengan kesepakatan pada pertemuan sebelumnya, maka penentuan agenda prioritas bersama akan merujuk pada alternatif isu dan kebutuhan. Alternatif isu yang menjadi tawaran adalah:

1.Penentuan kebijakan;
2.Anggaran;
3.Pelayanan publik;
4.Monitoring projek;
5.Penerapan kebebasan informasi;
6.Anti korupsi;
7.Ekonomi global;
8.Pendidikan;
9.Procurement.

Sedangkan untuk kebutuhan adalah:

1.Peningkatan kapasitas;
2.Penguatan jaringan;
3.Sharing pengetahuan;
4.Pilot project;
5.Peningkatan kapasitas manajemen;
6.Penggalangan resources.

Selain merujuk pada alternatif isu dan kebutuhan, ada beberapa tawaran isu spesifik yang muncul pada forum ini, diantaranya adalah:

1.Pengawalan implementasi UU no. 14/2008 tentang Keterbukaan informasi publik.
2.Pembuatan draft klasifikasi data publik dan non publik pada badan publik.
3.Advokasi belanja publik terutama di sektor pendidikan.
4.Pembuatan benchmark prioritas organisasi Java Convenor’s Group (JCG).

Karena banyaknya tanggapan terkait dengan isu, maka forum menyepakati akan mengadakan workshop khusus terkait dengan usulan isu dari masing-masing NGO melalui mekanisme pengusulan proposal. Adapun untuk pelaksanaan agenda bersama tetap berjalan, dengan rencana tindak lanjut merujuk pada awareness raishing, learning program, synergy project dan mapping.

Jum’at 29 Januari 2010

Inovasi dalam akuntabilitas sosial di Indonesia menjadi tema yang disampaikan oleh Hetifah Syaifudian, Ph.D dalam pemaparan awalnya pada diskusi publik di hari kedua. Peran penting civil society dalam mengawal perubahan di Indonesia sangatlah bernilai dalam pencapaian akuntabilitas sosial di Indonesia. Sebagai anggota DPR, dirinya mengakui bahwa mengandalkan mekanisme akuntabilitas internal di DPR saja sangatlah tidak bisa diandalkan.

Komisi X (sepuluh) sampai saat ini sedang mengkritisi kebijakan pemerintah terkait dengan dana Jardiknas sebesar Rp 2,5 T untuk alokasi program akses internet bagi guru yang dilakukan oleh Menkominfo. DPR menanyakan perihal kebermanfaatan dari program ini.

Beliau mencontohkan pengalamannya waktu studi banding ke kota Naga di Filipina. Kota tersebut meskipun kondisinya relatif jauh dari perkotaan tetapi jaringan masyarakat dengan pemerintahnya berjalan dengan baik. Disana sudah terbentuk yang namanya Naga City People’s Forum. “Waktu itu sekitar tahun 1998, akses internet sudah ada di semua sekolah, adanya komunikasi aktif dengan kepala daerah melalui forum warga, dan sudah mengenal citizen report card dan partisipatory planning, ujar Hetifah”.

Sebelum terpilih menjadi anggota DPR, beliau sudah menggagas forum warga yang bernama Sawarung di Kota Bandung, Jawa Barat. Sawarung singkatan dari Sauyunan atau perkumpulan Warga Bandung. Konsepnya hampir sama dengan yang ada di Kota Naga. Tetapi karena suatu hal, forum warga tersebut tidak berjalan lagi.

Dalam perannya sekarang ini, beliau bersama dengan rekan-rekannya di dewan menggagas pembentukan Forum Daerah Pemilihan (Dapil). Forum ini bertujuan untuk mengetahui apakah betul aspirasi dalam satu daerah itu sama.

Sementara itu, Teten Masduki memaparkan bahwa dalam kaitannya dengan fungsi parlemen yang tradisional, konsep kedaulatan rakyat tidak bisa hadir dengan sendirinya. Pada era sekarang, munculnya New Social Movement dengan ciri khas yaitu berbasis pada isu, berorientasi tidak pada kekuasaan, dan mempengaruhi proses kebijakan publik, baik itu di bidang politik maupun hukum. Sehingga bisa dikatakan bahwa masyarakatlah sekarang yang mengambil alih law inforcement.

Dalam banyak hal pemerintah sudah tidak mampu lagi menyelesaikan urusan masyarakat. Sehingga dengan itu, diperlukan collective movement. Korupsi dalam konsep tradisional merupakan sebuah kegagalan parlemen dan pemerintah. Faktanya setelah reformasi berjalan ada relasi yang tidak seimbang antara rakyat, negara dan bisnis. Sebagai contoh, dana yang digulirkan oleh pemerintah sebesar $10 juta untuk mereformasi MA dan Kejaksaan, apakah ada perbaikan dalam institusi tersebut?

Konsep Social Accountability sangat relevan dengan power engagement, terutama dalam kaitannya dengan pemberantasan korupsi. Inti dari Social Accountability adalah adanya kekuatan masyarakat yang terorganisir dan berkemampuan. Selain itu acces to information menjadi basisnya. Teten mencontohkan tentang konsep partisipasi dalam Musrenbang (Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan). Pertama, hasil Musrenbang selalu diabaikan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini menyebabkan proses budgeting yang ditetapkan waktu di Musrenbang menjadi tidak efektif. Oleh karena itu, bisa saja disebut Musrenbang sebagai forum formalitas. Kedua, dari segi kehadiran. Peserta yang hadir tidak jarang bukanlah mewakili warga negara dalam arti luas. Disinilah faktor kehadiran saja tidak cukup. Oleh karena itu, perlu pendampingan dari NGO’s terkait problem ini.

Sebagai penutup, kedua pembicara ini menggarisbawahi terkait pentingnya penguatan civil society. “Kenapa tidak memasukkan isu akuntabilitas sosial ke jaringan yang sudah ada ?, perkuat inisiatif yang ada, teruslah sharing pengalaman dan perkuat gerakan kolektif” demikian closing statement dari Hetifah. Sedangkan Teten Masduki menekankan bahwa konsep Social Accountability yang digagas oleh ANSA-EAP bukanlah barang baru di Indonesia. Adanya upaya untuk mempelopori gerakan kolektif perlu didukung, karena ini menjadikan komunitas NGO bergerak lebih sistemik.[]

Ramlan Nugraha
[Public Relation PATTIRO]

How Wall Street Killed the Middle Class in America

From Denny: If you missed this great tutorial and exchange on The Daily Show with Jon Stewart, then feast your eyes and ears on this. Elizabeth Warren, Chair of the Congressional Oversight Panel on TARP, talks about the urgency of Wall Street reform. The reality is that she makes some very good points about the history of how our current situation evolved and the incredible manipulations of how our finance system got to where it is today - corrupt. Currently, reform finance legislation is bottled up in the Senate. Write your Senators and DEMAND FINANCE REFORM is you still want a middle class in America:



The Daily Show With Jon StewartMon - Thurs 11p / 10c
Elizabeth Warren
www.thedailyshow.com
Daily Show
Full Episodes
Political HumorHealth Care Crisis




*** THANKS for visiting, come back often, feel free to leave comments, a big shout out to current subscribers - and if you are new to this blog, please subscribe in a reader or by email!

February 1



"America is a vast conspiracy to make you happy."

--Author John Updike; image from

PUBLIC DIPLOMACY

Democratization in the Muslim world? - Lena, Global Chaos: "Yesterday I was watching Marwan Bishara's latest 'episode' of Empire on Al Jazeera, where he and his guests discussed the 'War on Terror' from the Muslim perspective.Certainly, almost all of the Muslim countries are far from being genuine democracies, no matter how they are portrayed. But thanks to their energy reserves, geostrategic location, and proximity to what seems to be never-ending instability (be it Iran or Afghanistan), most of them are heavily funded and supported by the United States and some other major Western powers. Much has been written and said on the matter, but as I was watching the program, I couldn't help but think of the public diplomacy implications of this support for the largely authoritarian regimes. Since the signature characteristic of PD is its public component, what is the message the US is sending to the Muslim people in the 'Greater Near Eastern' region by supporting those that oppress and censor them, and hinder their actual development? Isn't it a blunt contradiction of the very values espoused by the West?"

Image from

Congressional bill against "terror TV" generates opposition among Arab information ministers - Kim Andrew Elliott reporting on International Broadcasting

Battle Against Human Trafficking - Alison M. Noll, Thoughtsofourchildren: "The United States increasingly uses public diplomacy to raise international awareness of trafficking issues. FSO's [Foreign Service officers] reach out to local business groups, religious organizations, journalists, and people in isolated communities. In rural villages in Moldavia, footage of a national anti-trafficking conference was distributed to local televisions stations (Embassy Chisisnau).

United States embassies host screenings of 'Trading Women', a documentary about trafficking of women and children in the Mekong Delta, and distribute a brochure prepared by the State Department called 'Be Smart, Be Safe...' on trafficking in women (Consulate Krakow)." Image from

Google, China and US Foreign Policy- Ernest J. Wilson, Huffington Post (blog): "The high tech companies are clearly engaging in issues of real sensitivity for all parties -- freedom of information, freedom of speech and the like are increasingly central to the international policy agenda, pressed partly by the boundary-breaking technologies of Twitter and blogs. ... We can only imagine the future contours and content of Silicon Valley's new foreign policy. But it is worth looking at how the economic information and communication powerhouses will pursue their international interests. What would their new activism mean for trade policy? Security affairs? Regional policies? Does this buttress 'public diplomacy' policies of governments, or make them less relevant? Stay tuned to find out."

Reorganizing Government: Take Out the Trash - By Achance, posted at Media, Politics, College, and More (MPCM): "There's evil afoot in our politics.

It's behind every statement from the opposition, and under every proposed law. It's concealed behind a friendly public diplomacy, a fist under thick velvet for television. Just wait until the moment it reaches power: you'll see horror and doom rain down from above. It's better not to wait: tactics must be changed TODAY!" Image from

RELATED ITEMS

Israeli propaganda is both intelligent and necessary - David Admon, Ha'aretz: What is hasbara? Hasbara is visiting the inhabitants of Sderot while Qassam rockets rain down on them; Hasbara is a Nobel Prize awarded to an Israeli woman; Hasbara is the celebratory Gay Pride parade in open Tel Aviv; Hasbara is also an interview with Jewish settlers evacuated from the Gaza Strip, some of whom still live under the shadow of the trauma and have not recovered.

The confusion with respect to hasbara must be solved by centralizing it. It is necessary to establish a body with authority and money, backed by large budgets and headed by a cabinet minister. This ministry will establish professional committees specializing in various areas of hasbara. An inter-ministerial committee on hasbara should also be instated to coordinate with all the government ministries. ... The "Hasbara Ministry" should also examine and update the tools that can be used. Here in fact, we can learn from terror organizations, which are intelligently using electronic media to spread their propaganda around the globe. ... It is possible to hazard many possible reasons for why Israel is so hated and it is also possible to imagine the consequences of delving into this, but precisely for that reason I repeat that it is necessary to employ hasbara professionals. It is necessary to see that a "tool box" is provided to every Israeli ambassador and "flack" suited to the task with which he has been charged. Image from

In Yemen, the truth is a casualty of war: As the government steps up its war against extremists, news releases tout the number killed. But many turn out to be alive. Or at least not proved dead. Until they're reported killed, again. Maybe - Jeffrey Fleishman and Haley Sweetland Edwards, Los Angeles Times: The terrorist who's dead is still alive.

A perverse contradiction? No, just another day in the Yemen news cycle, where rebels, separatists, extremists and government officials conjure a surreal world of spin, lies and propaganda. It makes one wonder if reality exists at all in this cruel and beautiful land. Yemen is a testament to the maxim that the first casualty of war is truth. Image from article: Al Qaeda in the Arabian Peninsula leader Naser Abdel-Karim Wahishi is seen in an image taken from a video released in January 2009. Recently, the Yemeni government claimed to have killed Wahishi, but he later turned up alive.

British tea making tips propaganda film (1941) - Ashley, Ch.ai: "I stumbled on this British WWII propaganda film. Were the troops complaining that the tea maids weren’t making good tea? It seems like it if they needed to teach people how to make tea en masse. But it ends with the 6 Golden Rules for Making Tea, which if more people knew today, it would be easier to find a well-brewed tea."

Dialectic Materialism--thoughts about freedom and propaganda - Zhuo, Critical Thoughts:

In the field of PR, "propaganda" belongs to the hideous, awkward past. Propaganda is the process of creating a terminology to define/identify (read: oppress) an entity (a class, for instance), but is rendered ineffective when this identification (read oppression) process gets identified itself by another oppressing agent. Thus, propaganda cannot exist by itself, but has to be in a dialectic relationship--a lexicon is not propaganda unless another competing lexicon identifies it as one. Having no ideology is the biggest ideology of all. Image from

Persuasive/Propaganda Techniques - Mrs. Bernal's Classroom Blog: PBS Kids offers some fun activities that go along with our 6th grade persuasive/propaganda techniques unit. Just click on the link and explore. Have fun!