Sunday, March 21, 2010

KEGIATAN RESES DPD RI ASAL JAWA BARAT


Bandung, (21/3)—Sehubungan dengan agenda Reses Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia maka pada Ahad (21/3) telah dilaksanakan Dialog Citizen Journalism dan DPD: Kanalisasi Aspirasi untuk Membangun Citra DPD secara personal maupun institusional bersama Amang Syafrudin,Lc. Tujuan reses ini adalah sebagai saluran aspirasi untuk membangun citra DPD dan koneksitas dengan konstituen.

Acara ini dilaksanakan di gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas pendidikan Indonesia dan terselenggara atas kerjasama DPD RI dengan teman-teman KAMMI komisariat UPI.

Amang Syafrudin,Lc merupakan satu dari empat anggota DPD RI asal Jawa Barat. Anggota yang lainnya adalah Prof.DR.H. Mohamad Surya, Dra.Hj.R.Ella M. Giri Komala dan KH. Sofyan Yahya, MA. Sebagai moderator beliau dalam kegiatan tersebut, saya mencatat beberapa hal penting diantaranya adalah target kerja beliau sebagai anggota DPD pada tahun ini adalah membentuk Budget Office dan Law Center sebagai bagian dari kanalisasi aspirasi masyarakat Jawa Barat. Perhatian beliau terkait masalah anggaran direalisasikan salah satunya dengan pembentukan Budget Office ini.

Beliau melaksanakan tugas konstitusional ini dari tanggal 16 Maret 2010 sampai 4 April 2010. Berikut tujuan dan ruang lingkup kegiatan reses yang saya kutip dari Sekretariat Jenderal DPD RI:

1. Sosialisasi lembaga DPD RI, produk yang telah dihasilkan serta upaya penguatan lembaga dalam kaitan efektifitas otonomi daerah khususnya kepada masyarakat;

2. Agenda prioritas dari Komite masing-masing Anggota DPD RI:

a. Komite I
1) Otonomi daerah;
2) Hubungan Pusat dan daerah;
3) Pembentukan. Pemekaran, dan penggabungan daerah;
4) Pengawasan pelaksanaan penyelenggaraan pilkada.

b. Komite II
1) Pengelolaan sumber daya alam;
2) Pengelolaan sumber daya ekonomi lainnya.

c. Komite III
Pendidikan; Agama; Kebudayaan; Kesehatan; Pariwisata; Pemuda dan Olahraga; Kesejahteraan Sosial; Pemberdayaan perempuan; dan Ketenagakerjaan. Secara khusus berkenaan dengan pelaksanaan ujian nasional pada bulan Maret 2010, maka para anggota DPD RI akan melakukan pengawasan pelaksanaan ujian nasional.

d. Komite IV
1) Penyerapan aspirasi masyarakat daerah berkaitan dengan dana transfer ke daerah;
2) Penyerapan aspirasi masyarakat daerah dalam penyusunan RAPBN 2011.
3. Membangun komunikasi khusus dengan Pemerintah Daerah dan DPRD (dalam rangka penjajakan membangun mekanisme kerja daerah);

4. Membangun komunikasi politik dengan elemen daerah (Perguruan Tinggi, Pemda, DPRD, Orpol, Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dll);

5. Secara khusus anggota DPD RI akan melakukan konsultasi dengan Gubernur dan/atau Sekretaris Daerah Provinsi berkenaan rencana pembentukan kantor DPD RI Provinsi sesuai amanat Pasal 227 Ayat (4) dan Pasal 402 UU Nomor 27 Tahun 2009;

6. Hal-hal lain dalam relevansi tugas fungsi DPD dan subjek sesuai perkembangan keadaan.


Demikian dan semoga bermanfaat bagi teman-teman yang juga melakukan pengawalan terhadap kinerja DPD di daerahnya masing-masing. Salam.


Note:

Saya baru tahu, staff ahli Ust Amang Syafruddin (DPD) ternyata Akh Asep Jamaludin, deklarator KAMMI dulu waktu di Malang. Baru ketemu langsung dapet tawaran: Buat temen2 Jabar yang tertarik sebagai asisten Ust Amang, untuk back up kerja di Bandung bisa hubungi beliau di (022) 70792733. Syarat minimal AB3. Base camp di daerah Mundinglaya atawa Jl Badak Singa no 8 Bandung.