Sunday, January 4, 2009

ROAD TO MUSDA VI KAMMI DAERAH BANDUNG




Latar Belakang

Reformasi merupakan buah dari semangat perubahan yang ada di benak generasi muda Indonesia. Semangat mengubah kehidupan yang penuh dengan ketimpangan sosial, masalah yang kompleks dan kesengsaraan rakyat menjadi kehidupan yang lebih demokratis dan mensejahterakan rakyat. Semangat untuk melakukan perlawanan atas segala penindasan dan ketidakadilan yang terjadi. Generasi muda khususnya mahasiswa bersama-sama dengan rakyat sepakat untuk menggulingkan Orde Baru yang telah berkuasa selama 32 tahun. Akhirnya dengan persatuan antara mahasiswa dan rakyat itulah reformasi bisa bergulir sampai saat ini.

Momentum 2009 sebagai tahun politik merupakan saat yang tepat untuk melakukan perubahan. Pergantian kepemimpinan dan pemilihan wakil rakyat baru seharusnya dapat dioptimalkan oleh komponen perubahan untuk perbaikan kondisi rakyat. Oleh karena itulah diperlukan konsolidasi kekuatan-kekuatan perubahan terutama pemuda dan rakyat untuk mengawal proses demokrasi ini agar berjalan dengan baik.

KAMMI sebagai salah satu dari komponen perubahan akan menegaskan diri untuk selalu mengambil bagian dalam setiap momentum perubahan bangsa. KAMMI bersama rakyat akan senanitiasa berada dalam garis terdepan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. KAMMI akan selalu bertekad melakukan perbaikan dalam lingkup daerah maupun nasional. Momentum Musyawarah Daerah (Musda) ini akan menjadi sarana untuk mengkonsolidasikan diri dan merumuskan peran-peran nyata KAMMI Daerah Bandung di tataran lokal daerah yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi

Landasan Kegiatan

1. “Sesungguhnya Allah tiada merubah keadaan suatu kaum, sebelum mereka merubah keadaan diri mereka sendiri. Dan bila Allah hendak (mendatangkan) bahaya kepada suatu kaum, tiadalah dapat ditolak dan mereka tiada mempunyai pelindung selain dari Allah.” (QS. Ar-Ra’ad : 11)
2. “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti bagunan yang tersusun kokoh.” (QS. As-Saff : 4)
3. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KAMMI

Tujuan Kegiatan

1. Meminta dan menilai laporan pertanggungjawaban Pengurus KAMMI Daerah dan Laporan Pelaksanaan Tugas Majelis Permusyawaratan Daerah
2. Memilih Pengurus Daerah dengan jalan memilih Ketua Umum yang sekaligus merangkap sebagai formatur dan empat mide formatur
3. Menetapkan anggota Majelis Permusyawaratan Daerah (MPD) KAMMI
4. Mengusulkan nama-nama Dewan Penasehat
5. Menetapkan Panduan Kerja Daerah
6. Menetapkan dan mengesahkan pembentukan KAMMI Komisariat

Tema Kegiatan

“Nyalakan Kembali Suluh Api Perjuangan Pemuda dan Rakyat”

Waktu dan Tempat Kegiatan

Rangkaian kegiatan Musyawarah Daerah VI KAMMI Daerah Bandung dilaksanakan di Graha Edukasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Berlangsung pada 6-8 Februari 2009 M/ 13-15 Shafar 1430 H.

Susunan Acara

Jum’at, 6 Februari 2009 M/ 13 Shafar 1430 H.

1. Pembukaan Sidang Musda VI KAMMI Daerah Bandung
Oleh : Adhiyaksa Dault (Menegpora RI)

2. Stadium Generale I : Peran Media dalam Penguatan Civil Society
• H. Syafik Umar (Pemimpin Umum HU. Pikiran Rakyat)
• Sirikit Syah (LKM Media Watch)

3. Stadium Generale II : Prospek Kebijakan Publik Daerah dalam Mendukung Terwujudnya Masyarakat Islami di Jawa Barat

• Nur Mahmudi Ismail (Walikota Depok)
• MS. Irianto (Bupati Indramayu)
• Ikhwanul Kiram (Pemred. Republika)

4. Stadium Generale III : Gerakan Ormas Pra dan Pasca Pemilu 2009
• Arbi Sanit (Pengamat Politik UI)
• Ngatifudin Firdaus (Ketum KAMMI Daerah Bandung)
• Ferry Kurnia R. (Ketua KPU Jawa Barat)

Sabtu, 7 Februari 2009 M/ 14 Shafar 1430 H.

• Pelaksanaan Sidang Musyawarah Daerah (Musda) VI KAMMI Daerah Bandung

Ahad, 8 Februari 2009 M/ 15 Shafar 1430 H.

1. Lanjutan pelaksanaan Sidang Musda VI KAMMI Daerah Bandung
2. Orasi Ketum KAMMI Daerah Bandung periode 2008-2010 terpilih
3. Penutupan Sidang Musda VI KAMMI Daerah Bandung
Oleh : Drs. Husni Muttaqien (Ketua DPRD Kota Bandung)

Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksana kegiatan Musyawarah Daerah VI KAMMI Daerah Bandung adalah pengurus KAMMI Daerah Bandung dan perwakilan dari seluruh Komisariat di Bandung Raya (ITB, IT Telkom, STT Tekstil, UIN Sunan Gunung Djati, UNISBA, UNPAD Dipati Ukur, UNPAD Sosek, UNPAD Eksakta, UNPAS, UPI, Politeknik Negeri Bandung).

Penutup

Semoga Allah SWT meringankan gerak langkah, memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita semua untuk mengantarkan bangsa ini menjadi lebih baik melalui keberhasilan pelaksanaan Musda VI KAMMI Daerah Bandung.






Ramlan Nugraha (08157086176)
Ketua SC Musda VI KAMMI Daerah Bandung