Monday, April 12, 2010

Berangkat Lokakarya ke Semarang

Kereta api yang akan kami tumpangi menurut jadwal keberangkatan adalah pukul 20.30 dan sampai ke Semarang Tawang pukul 04.27 pagi. Saya bersama dua rekan lainnya, Andri dan Yuda sudah sepakat bertemu di stasiun Bandung pukul 20.00. Keberangkatan kami bertiga ke Semarang seolah menjadi pertanda dimulainya kembali kerja-kerja yang hampir tenggelam selama dua bulan terakhir.

Agenda lokakarya ini sehubungan dengan awal program CSIAP. Bertempat di pusat kota Semarang, sejak tanggal 13-15 April 2010. Daerah yang ikut adalah Blitar, Semarang, Solo, Jawa Barat, Pekalongan dan Malang. Jumlah peserta sekitar 30 orang. Bagi saya, momen ini semacam sarasehan kedua setelah pada awal Februari lalu, kami juga melaksanakan hal serupa di Hotel Mercurre, Jakarta.

Ada dua agenda prioritas Jawa Barat yang akan disampaikan pada lokakarya tersebut. Pertama, pengawalan advokasi pendidikan melalui pembentukan external reviewers dan kedua, pengawalan implementasi UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dua agenda tersebut yang akan menjadi prioritas kerja selama 15 bulan ke depan.

Mengenai pembentukan external reviewers, hal ini merupakan bentuk kerja sama antara ormas Islam Jawa Barat dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat. Ide ini muncul pertama kali langsung dari Ketua Bappedanya, Prof. Deni Juanda. Hal ini diawali ketika Ormas Islam yang berkumpul dalam wadah Kelompok Kerja Analisis Anggaran intens mengawal alokasi bantuan keuangan berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Pemprov Jabar. Dengan jaringan yang cukup mengakar sampai ke tingkat desa, diharapkan peran dari setiap ormas bisa mengawal kucuran dana ini.

Prioritas selanjutnya adalah mengawal implementasi UU Keterbukaan Informasi Publik di Jawa Barat. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah membangun inisiasi beserta P2IP dan LAK terkait pembentukan Komisi Informasi Daerah (KID) Jawa Barat. Beberapa agenda seperti melakukan pertemuan dengan Gubernur Ahmad Heryawan, Seminar Publik tentang Keterbukaan Informasi Publik, membangun koalisi dan berinisiatif membentuk koalisi CSO Jabar. Terakhir, minggu kemarin tim ini melakukan pertemuan dengan Tim Seleksi KID yang diwakili oleh Prof Asep Warlan.

Dua agenda tersebut yang akan menjadi bahan presentasi dalam lokakarya. Semoga berjalan dengan lancar dan mendapat masukan dari teman-teman yang lain.